A.
PENDAHULUAN
BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM
Cikal bakal Pondok
Pesantren Karanganya (An-Nur) didirikan tahun 1870 M. oleh KH. A. Jalaluddin
dari Tuban Jawa Timur, dengan pola pendidikan Pondok Pesantren Salafi Murni,
kemudian dilanjutkan oleh putera-puteranya yaitu KH. Nahrawi, KH. Anwar dan KH.
Abdurrahman sampai dengan tahun 1933 M.
Generasi ke2
Pondok Pesantren An-Nur ini kami istilahkan “masa pembaruan”, dipelopori
oleh KH A Badruddin bin KH. Abdurrahman pada tahun 1942 M.
KH. A Badruddin
mengembangkan pesantren ini sampai dengan wafat beliau tahun 1999 M.
dengan upaya-upaya pembaruan/ inovasi
pendidikan, dimana tidak hanya pola pesantren salafi tapi juga dikembangkan
pula pendidikan modern/ sekolah.
Sejak masa remaja
KH. A. Badruddin (Mang Ujang) memperhatikan fenomena masyarakat akibat
politik penjajah antara lain terjadinya perpecahan khususnya antara santri dan
pelajar sering terjadi pertengkaran, pandangan dikhotomi ilmu agama dan ilmu
umum , kebodohan den kemiskinan
Fenomena itulah
yang memotivasi beliau untuk menyelenggarakan lembaga pendidikan dan dengan
mentaati amanat sang Ibunda Hj. St. Rukiyah, "tungguan masjid,
hirup-hirup agama". Dan pada tahun 1942 mulailah beliau
menyelenggarakan : Lembaga Pendidikan Islam/ Pondok Pesantren Karanganyar
dengan mata pelajaran : Quran Hadits, Ilmu Tauhid, Fiqih, Akhlak, Berhitung dan
Bahasa Inggris yang bertempat di serambi : rumah, dengan media gaplek sebagai
kapur tulis dan pintu sebagai papan tulis.
B.
SIKAP
PANDANGAN DAN KEBIJAKAN UMUM PP YPI ANNUR
Pondok Pesantren
An-Nur sebagai Lembaga Pendidikan Islam sudah pasti berdasarkan Al-Quran dan
As-Sunnah serta berusaha mengikuti jejak langkah Ulama Salafush sholihin serta
mengambil nilai-nilai baru/ modern yang maslahat. Dengan demikian maka sikap
kami sebagai berikut adalah :
- Berusaha mengikuti Madzhab Ahlus sunnah wal jama’ah yang dalam keseharian berusaha mengikuti tradisi Syafi’iah.
- Bersikap tasamuh/ toleran terhadap madzhab/ faham lain sepanjang berprinsif sama pada dua kalimah syahadat
- Independen, tidak menjadi onderbow partai politik atau ormas manapun, walaupun secara pribadi dapat menjadi pengurus/ anggota parpol atau ormas sesuai dengan pilihannya.
- Dalam bidang Politik, mengikuti Politik Pemerintah yang sah sepanjang tidak bersikap/ berbuat dhalim terhadap umat Islam.
- Membina persatuan dan kesatuan umat atas dasar Ukhuwwah Islamiyah, serta persatuan Bangsa/ Ukhuwwah Wathoniyah dalam NKRI.
C.
KEBIJAKAN
DALAM OPERASIONAL
1.
Memadukan
sistem pendidikan pesantren dan sekolah
2.
Melayani
semua lapisan masyarakat, tidak membedakan status sosial ekonomi, faham
keagamaan, politik manapun, ras/ suku bangsa
3.
Dalam hal
pendanaan/ pembiayaan pendidikan :
a.
Ringan/
tidak memberatkan agar terjangkau oleh fakir miskin
b.
Tidak
bersifat pemaksaan agar bernilai shodaqoh jariah dengan ikhlas
Berkat dari nilai
keikhlasan itu Ahamdulilah Pondok Pesantren ini secara kuantitas santri/ murid
setiap tahun mengalami peningkatan. Namun konsekuensinya bagi kami harus terus
berupaya membangun fasilitas belajar/ pemondokan. Dan dengan ketawakkalan
kepada Allah kami tetap terus berusaha menambah bangunan-bangunan yang
diperlukan, seperti halnya tahun 2010 ini kami melaksanakan rehab/ pembangunan
sebagai berikut :
No
|
Unit Bangunan
|
Sumber
|
Keterangan
|
1
|
Rehab Ruang
Belajar MTs 7x18 m
|
Infak wali murid
|
Selesai
|
2
|
Rehab total
Asrama Putera 7x21 m
|
Bantuan
Gubernur, infak masyarakat
|
Selesai
|
3
|
Rehab Ruang
Belajar MA 8x18 m
|
Infak Wali
Murid/ Masyarakat
|
Selesai
|
4
|
Pembangunan
Asrama Puteri
|
Infak Wali
Murid/ Masyarakat
|
60%
|
5
|
Pembangunan
Asrama Putera/ tingkat II 7x21 m
|
Infak Wali
Murid/ Masyarakat
|
10%
|
6
|
Pembangunan
Ruang Belajar MA 8x21 m/ tingkat II
|
Infak Wali
Murid/ Masyarakat
|
10%
|
7
|
Pembangunan
Ruang Belajar MI ANNUR 1
|
Infak Wali
Murid/ Masyarakat
|
50%
|
8
|
Pembangunan
Ruang Belajar MTs ANNUR 1
|
Bantuan
Pemerintah
|
50%
|
D.
VISI
DAN STRATEGI PENDIDIKAN
Terpelihara dan
terbinanya Pondok Pesantren YPI An-Nur sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang
terus maju dan berkembang eksis sampai akhir jaman dalam mendidik generasi muda
Islam yang tafaqquh fiddin dengan landasan Iman, Islam dan Ihsan, agar cerdas
Spiritual, emosional dan Intelektual menuju madlatillah.
5(lima )
Nilai Dasar PP YPI An-Nur
a.
Keikhlasan;
b.
Kebersamaan;
c.
Kemandirian/
Ketawakkalan;
d.
Kesederhanaan;
dan
e.
Kearifan.
5(lima )
Pilar Disiplin
Dimaksudkan untuk melatih diri dalam upaya meningkatkan kualitas
pribadi, baik kualitas akademik maupun non akademik/ karakter kepribadian/
akhlakul karimah
Disiplin adalah sikap mental yang terformulasi dalam perkataan dan
perbuatan seseorang dalam memenuhi auatu ketentuan baik hukum/ tata tertib,
norma-norma.
KH. A. Badruddin (Alm) sering menyatakan taqwa adalah disiplin
(mematuhi perintah Allah dan larangan Allah).
1.
Disiplin
Ibadah
Meningkatkan kualitas keimanan melalui pelaksanaan ibadah para
santri/siswa dengan pembinaan pengamalan ajaran islam seperti shalat berjama’ah
dan sebagainya serta pembiasaan berakhlakul karimah.
Disiplin ibadah adalah pelaksanaan ibadah sesuai ketentuan syarat
rukun/ sunnahnya/ menepati waktu-waktunya serta pembiasaan berakhlakul karima
sesuai dengan sunnah Rasulullah/ tradisi pesantren / norma/ adapt istiadat yang
baik/ tata tertib sekolah/ pesantren.
2.
Disiplin
Belajar
Meningkatkan kualitas belajar santri/ siswa, baik kualitas akademik
maupun non akademik.
Disiplin menepati waktu belajar di sekolah, di rumah/ asrama di
tempat belajar lainnya.
Belajar dengan ikhlas niat karena Allah, minat yang kuat, shabar/
tekun dan rajin, waktu yang banyak serta cara/ adab belajar yang benar.
Disiplin mengikuti/ mematuhi tata tertib pesantren/ sekolah serta
kebijakan pengurus pesantren/ sekolah.
3.
Disiplin
di Rumah
Upaya
meningkatkan kualitas siswa dalam berakhlakul karimah terhadap orang tua dan
keluarga.
Hormat
dan patuh kepada orang tua
Menghormati/
menghargai/ santun dengan keluarga lainnya/ kakak, adik, dan sebagainya
Mengikuti
aturan/ norma-norma keluarga agar menjadi keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah.
4.
Disiplin
Bergaul
Upaya peningkatan kualitas kepribadian siswa melalui interaksi
dengan orang lain, media informasi dan lingkungan alam sekitar
Memilih teman yang baik (man dulluka ‘ala-al-khoir)
Menghindari bergaul dengan teman yang sekiranya membawa kepada
keburukan
Memilih media informasi yang baik/ mempergunakan dengan baik
Menghindari media informasi yang membawa kepada keburukan dan tidak
mempergunakan media informasi dengan keburukan
Memelihara lingkungan alam sekitar/ tetangga/ plora fauna
5.
Disiplin
Bekerja
Upaya peningkatan kualitas siswa/ santri dalam sikap mau bekerja
asal halal, disiplin melaksanakan tugas, sikap aktif, kreatif
Disiplin
melaksanakan tugas kebersihan di sekolah dan tugas lainnya
Disiplin
melaksanakan pekerjaan di rumah sesuai dengan tugas dari orang tua atau
lingkungannya
Semua upaya bimbingan, pelaksanaan 5 pilar disiplin ini hendaknya
bernilai ibadah/ menjadi amal sholeh.
Materi Pendidikan :
Isi/ Materi
Pendidikan/ Pembelajaran dengan
berpegang pada motto : “Beramal Ilmiyah, Berilmu Amaliyah”. Maka isi/
materi pendidikan/ pembelajaran di Pondok Pesantren An-Nur sebagai berikut :
1.
Ilmu
Tauhid/ Aqidah Islamiyah; 2. Ilmu Fiqih/ Syari’ah; 3. Ilmu Akhlak; 4. Ilmu
Alat/ Bahasa Arab; 5. Riyadhah Ibadah; 6. Kemasyarakatan.
Pada jenjang pendidikan
formal dari RA, MI, MTs, MA, dan STAI secara formal mengikuti kurikulum
Kementerian Agama, dengan penambahan kurukulum YPI An-Nur, antara lain;
Kompetensi Dasar Keagamaa/ Nilai Kultur Pesantren/ Pendidikan yang Islami
Ekstrakurikuler
Untuk menambah
wawasan/ keterampilan diselenggarakan melalui :
1.
Gerakan
Pramuka; 2. OSIS/ IKRIMMA/ FKPPS An-Nur; 3. Himpunan Pecinta Alam; 4. Latihan
Muballighin; 5. Keterampilan; 6. Marching Band.
E.
KEADAAN
LEMBAGA PENDIDIKAN TAHUN 2010
Di pusat :
- RA/TK Al-Quran : 2 Rombel
- MI An-Nur 1 : 8 Rombel
- MTs An-Nur 1 : 18 Rombel
- MA An-Nur : 11 Rombel
- Pondok Pesantren
- STAI
- Majelis Ta’lim Mingguan/ Bulanan
Di Cabang
1. RA : 32 Unit 3. MI : 10 Unit
2. TKA : 22 Unit 4. MTs :
2 Unit
E.
PROGRAM
PEMBANGUNAN PONDOK PESANTREN ANNUR TH. 2011-DST
- Lanjutan Gedung Asrama Putera Ukuran 7x21 m (tingkat II)
- Lanjutan Gedung Asrama Puteri
- Lanjutan Ruang Belajar Madrasah Aliyah 8x21 m (tingkat II)
- Pembangunan Ruang Belajar MTs ANNUR 1
- Rehab Berat Masjid An-Nur 17x30 m.
- Lanjutan Ruang Belajar MI
G.
KESIMPULAN
Dari uraian di
atas kami simpulkan sebagai berikut :
- Murah/ ringannya biaya, tidak berarti kami mengabaikan kualitas pendidikan, kami terus berusaha sesuai kafasitas dan kemampuan kami untuk mempertahankan kualitas yang sudah dicapai saat ini dan terus berusaha untuk meningkatkannya.
- Kelangsungan/ eksistensi Pondok Pesantren An-Nur baik moril maupun metril menjadi tanggung jawab semua pribadi musling yang merasa bertanggung jawab atas masa depan anak-anak/ generasi muda islam anak cucu kita. Semoga Allah selalu membimbingnya, Amin.
Demikian agar
semua menjadi maklum.
علي
الله توكلنا واليه المصير
Dari selayang pandang PP YPI An-Nur Malangbong Garut
alhamdulillah...bagus yah
BalasHapusAlhamdulillah...
BalasHapussemoga pondok pesantren ANNUR semakin berkembang lebih baik dan maju...
BalasHapusaminnn
BalasHapusAmin ya Rabb....
BalasHapus