Ahlan Wa Sahlan Wa Marhaban

Selamat bergabung untuk sahabat-sahabatku, semoga blog sederhana ini bisa menjadi sarana shillaturrahim yang bermanfaat untuk semua, tinggalkan saran, kritik, masukan kebaikan sahabat untuk kemajuan blog ini,
Ini adalah Blog buat kalian yang ingin tahu lebih banyak tentang An-Nur dan pernak-perniknya, Ekstrakurikuler (Ke-An-Nur-an, Pramuka, Dewan Penggalang, Sipassus, Marching Band, Karate, PMR, Asipa, An-Nur Radio dll), Zoey Mujahid, Garis007 Collection informasi islam dan umum serta apapun yang sehat untuk kita konsumsi, Ooops maksudnya konsumsi penambah ilmu pengetahuan buat kita.

Jazaakum Allahu khaira Al-Jazaa, Amin.

Zoey Mujahid

Minggu, 28 Oktober 2012

SELAYANG PANDANG PONDOK PESANTREN YPI ANNUR MALANGBONG KAB. GARUT PROV. JAWABARAT


A.    PENDAHULUAN
BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM
Cikal bakal Pondok Pesantren Karanganya (An-Nur) didirikan tahun 1870 M. oleh KH. A. Jalaluddin dari Tuban Jawa Timur, dengan pola pendidikan Pondok Pesantren Salafi Murni, kemudian dilanjutkan oleh putera-puteranya yaitu KH. Nahrawi, KH. Anwar dan KH. Abdurrahman sampai dengan tahun 1933 M.
Generasi ke2 Pondok Pesantren An-Nur ini kami istilahkan “masa pembaruan”, dipelopori oleh KH A Badruddin bin KH. Abdurrahman pada tahun 1942 M.
KH. A Badruddin mengembangkan pesantren ini sampai dengan wafat beliau tahun 1999 M. dengan  upaya-upaya pembaruan/ inovasi pendidikan, dimana tidak hanya pola pesantren salafi tapi juga dikembangkan pula pendidikan modern/ sekolah.
Sejak masa remaja KH. A. Badruddin (Mang Ujang) memperhatikan fenomena masyarakat akibat politik penjajah antara lain terjadinya perpecahan khususnya antara santri dan pelajar sering terjadi pertengkaran, pandangan dikhotomi ilmu agama dan ilmu umum , kebodohan den kemiskinan
Fenomena itulah yang memotivasi beliau untuk menyelenggarakan lembaga pendidikan dan dengan mentaati amanat sang Ibunda Hj. St. Rukiyah, "tungguan masjid, hirup-hirup agama". Dan pada tahun 1942 mulailah beliau menyelenggarakan : Lembaga Pendidikan Islam/ Pondok Pesantren Karanganyar dengan mata pelajaran : Quran Hadits, Ilmu Tauhid, Fiqih, Akhlak, Berhitung dan Bahasa Inggris yang bertempat di serambi : rumah, dengan media gaplek sebagai kapur tulis dan pintu sebagai papan tulis.
B.     SIKAP PANDANGAN DAN KEBIJAKAN UMUM PP YPI ANNUR
Pondok Pesantren An-Nur sebagai Lembaga Pendidikan Islam sudah pasti berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah serta berusaha mengikuti jejak langkah Ulama Salafush sholihin serta mengambil nilai-nilai baru/ modern yang maslahat. Dengan demikian maka sikap kami sebagai berikut adalah :
  1. Berusaha mengikuti Madzhab Ahlus sunnah wal jama’ah yang dalam keseharian berusaha mengikuti tradisi Syafi’iah.
  2. Bersikap tasamuh/ toleran terhadap madzhab/ faham lain sepanjang berprinsif sama pada dua kalimah syahadat
  3. Independen, tidak menjadi onderbow partai politik atau ormas manapun, walaupun secara pribadi dapat menjadi pengurus/ anggota parpol atau ormas sesuai dengan pilihannya.
  4. Dalam bidang Politik, mengikuti Politik Pemerintah yang sah sepanjang tidak bersikap/ berbuat dhalim terhadap umat Islam.
  5. Membina persatuan dan kesatuan umat atas dasar Ukhuwwah Islamiyah, serta persatuan Bangsa/ Ukhuwwah Wathoniyah dalam NKRI.
C.    KEBIJAKAN DALAM OPERASIONAL
1.      Memadukan sistem pendidikan pesantren dan sekolah
2.      Melayani semua lapisan masyarakat, tidak membedakan status sosial ekonomi, faham keagamaan, politik manapun, ras/ suku bangsa
3.      Dalam hal pendanaan/ pembiayaan pendidikan :
a.       Ringan/ tidak memberatkan agar terjangkau oleh fakir miskin
b.      Tidak bersifat pemaksaan agar bernilai shodaqoh jariah dengan ikhlas
Berkat dari nilai keikhlasan itu Ahamdulilah Pondok Pesantren ini secara kuantitas santri/ murid setiap tahun mengalami peningkatan. Namun konsekuensinya bagi kami harus terus berupaya membangun fasilitas belajar/ pemondokan. Dan dengan ketawakkalan kepada Allah kami tetap terus berusaha menambah bangunan-bangunan yang diperlukan, seperti halnya tahun 2010 ini kami melaksanakan rehab/ pembangunan sebagai berikut :
No
Unit Bangunan
Sumber
Keterangan
1
Rehab Ruang Belajar MTs 7x18 m
Infak wali murid
Selesai
2
Rehab total Asrama Putera 7x21 m
Bantuan Gubernur, infak masyarakat
Selesai
3
Rehab Ruang Belajar MA 8x18 m
Infak Wali Murid/ Masyarakat
Selesai
4
Pembangunan Asrama Puteri
Infak Wali Murid/ Masyarakat
60%
5
Pembangunan Asrama Putera/ tingkat II 7x21 m
Infak Wali Murid/ Masyarakat
10%
6
Pembangunan Ruang Belajar MA 8x21 m/ tingkat II
Infak Wali Murid/ Masyarakat
10%
7
Pembangunan Ruang Belajar MI ANNUR 1
Infak Wali Murid/ Masyarakat
50%
8
Pembangunan Ruang Belajar MTs ANNUR 1
Bantuan Pemerintah
50%
D.    VISI DAN STRATEGI PENDIDIKAN
Terpelihara dan terbinanya Pondok Pesantren YPI An-Nur sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang terus maju dan berkembang eksis sampai akhir jaman dalam mendidik generasi muda Islam yang tafaqquh fiddin dengan landasan Iman, Islam dan Ihsan, agar cerdas Spiritual, emosional dan Intelektual menuju madlatillah.
5(lima) Nilai Dasar PP YPI An-Nur
a.       Keikhlasan;
b.      Kebersamaan;
c.       Kemandirian/ Ketawakkalan;
d.      Kesederhanaan; dan
e.       Kearifan.
5(lima) Pilar Disiplin
Dimaksudkan untuk melatih diri dalam upaya meningkatkan kualitas pribadi, baik kualitas akademik maupun non akademik/ karakter kepribadian/ akhlakul karimah
Disiplin adalah sikap mental yang terformulasi dalam perkataan dan perbuatan seseorang dalam memenuhi auatu ketentuan baik hukum/ tata tertib, norma-norma.
KH. A. Badruddin (Alm) sering menyatakan taqwa adalah disiplin (mematuhi perintah Allah dan larangan Allah).
1.      Disiplin Ibadah
Meningkatkan kualitas keimanan melalui pelaksanaan ibadah para santri/siswa dengan pembinaan pengamalan ajaran islam seperti shalat berjama’ah dan sebagainya serta pembiasaan berakhlakul karimah.
Disiplin ibadah adalah pelaksanaan ibadah sesuai ketentuan syarat rukun/ sunnahnya/ menepati waktu-waktunya serta pembiasaan berakhlakul karima sesuai dengan sunnah Rasulullah/ tradisi pesantren / norma/ adapt istiadat yang baik/ tata tertib sekolah/ pesantren.
2.      Disiplin Belajar
Meningkatkan kualitas belajar santri/ siswa, baik kualitas akademik maupun non akademik.
Disiplin menepati waktu belajar di sekolah, di rumah/ asrama di tempat belajar lainnya.
Belajar dengan ikhlas niat karena Allah, minat yang kuat, shabar/ tekun dan rajin, waktu yang banyak serta cara/ adab belajar yang benar.
Disiplin mengikuti/ mematuhi tata tertib pesantren/ sekolah serta kebijakan pengurus pesantren/ sekolah.
3.      Disiplin di Rumah
Upaya meningkatkan kualitas siswa dalam berakhlakul karimah terhadap orang tua dan keluarga.
            Hormat dan patuh kepada orang tua
            Menghormati/ menghargai/ santun dengan keluarga lainnya/ kakak, adik, dan sebagainya
Mengikuti aturan/ norma-norma keluarga agar menjadi keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah.
4.      Disiplin Bergaul
Upaya peningkatan kualitas kepribadian siswa melalui interaksi dengan orang lain, media informasi dan lingkungan alam sekitar
Memilih teman yang baik (man dulluka ‘ala-al-khoir)
Menghindari bergaul dengan teman yang sekiranya membawa kepada keburukan
Memilih media informasi yang baik/ mempergunakan dengan baik
Menghindari media informasi yang membawa kepada keburukan dan tidak mempergunakan media informasi dengan keburukan
Memelihara lingkungan alam sekitar/ tetangga/ plora fauna
5.      Disiplin Bekerja
Upaya peningkatan kualitas siswa/ santri dalam sikap mau bekerja asal halal, disiplin melaksanakan tugas, sikap aktif, kreatif
Disiplin melaksanakan tugas kebersihan di sekolah dan tugas lainnya
Disiplin melaksanakan pekerjaan di rumah sesuai dengan tugas dari orang tua atau lingkungannya
Semua upaya bimbingan, pelaksanaan 5 pilar disiplin ini hendaknya bernilai ibadah/ menjadi amal sholeh.
Materi Pendidikan :
Isi/ Materi Pendidikan/ Pembelajaran  dengan berpegang pada motto : “Beramal Ilmiyah, Berilmu Amaliyah”. Maka isi/ materi pendidikan/ pembelajaran di Pondok Pesantren An-Nur sebagai berikut :
1.      Ilmu Tauhid/ Aqidah Islamiyah; 2. Ilmu Fiqih/ Syari’ah; 3. Ilmu Akhlak; 4. Ilmu Alat/ Bahasa Arab; 5. Riyadhah Ibadah; 6. Kemasyarakatan.
Pada jenjang pendidikan formal dari RA, MI, MTs, MA, dan STAI secara formal mengikuti kurikulum Kementerian Agama, dengan penambahan kurukulum YPI An-Nur, antara lain; Kompetensi Dasar Keagamaa/ Nilai Kultur Pesantren/ Pendidikan yang Islami

Ekstrakurikuler
Untuk menambah wawasan/ keterampilan diselenggarakan melalui :
1.      Gerakan Pramuka; 2. OSIS/ IKRIMMA/ FKPPS An-Nur; 3. Himpunan Pecinta Alam; 4. Latihan Muballighin; 5. Keterampilan; 6. Marching Band.
E.     KEADAAN LEMBAGA PENDIDIKAN TAHUN 2010
Di pusat :
  1. RA/TK Al-Quran        : 2 Rombel
  2. MI An-Nur 1               : 8 Rombel
  3. MTs An-Nur 1                        : 18 Rombel
  4. MA An-Nur                : 11 Rombel
  5. Pondok Pesantren
  6. STAI
  7. Majelis Ta’lim Mingguan/ Bulanan
Di Cabang
1. RA                    : 32 Unit                      3. MI               : 10 Unit
2. TKA                  : 22 Unit                      4.  MTs            : 2 Unit
E.     PROGRAM PEMBANGUNAN PONDOK PESANTREN ANNUR TH. 2011-DST
  1. Lanjutan Gedung Asrama Putera Ukuran 7x21 m (tingkat II)
  2. Lanjutan Gedung Asrama Puteri
  3. Lanjutan Ruang Belajar Madrasah Aliyah 8x21 m (tingkat II)
  4. Pembangunan Ruang Belajar MTs ANNUR 1
  5. Rehab Berat Masjid An-Nur 17x30 m.
  6. Lanjutan Ruang Belajar MI
G.    KESIMPULAN
Dari uraian di atas kami simpulkan sebagai berikut :
  1. Murah/ ringannya biaya, tidak berarti kami mengabaikan kualitas pendidikan, kami terus berusaha sesuai kafasitas dan kemampuan kami untuk mempertahankan kualitas yang sudah dicapai saat ini dan terus berusaha untuk meningkatkannya.
  2. Kelangsungan/ eksistensi Pondok Pesantren An-Nur baik moril maupun metril menjadi tanggung jawab semua pribadi musling yang merasa bertanggung jawab atas masa depan anak-anak/ generasi muda islam anak cucu kita. Semoga Allah selalu membimbingnya, Amin.
Demikian agar semua menjadi maklum.
علي الله توكلنا واليه المصير


Dari selayang pandang PP YPI An-Nur Malangbong Garut

5 komentar: